Label

adorasi (1) akolit (1) altar (5) ambo (2) anak-anak (1) awam (1) bahasa latin (4) bapa kami (1) berlutut (1) buku (6) busana liturgi (2) cuci tangan (1) devosi (3) diakon (1) dialog (2) dirigen (1) doa damai (1) doa syukur agung (1) doa umat (1) fotografer (1) graduale romanum (1) gregorian (2) hari raya (1) hosti (1) imam (1) intensi misa (1) istilah (1) jalan salib (3) jumat agung (1) jumat pertama (1) kalender liturgi (4) kamis putih (1) karismatik (1) kesaksian (1) kisah sengsara (1) kolekte (2) komuni (3) komuni dua rupa (2) koor (1) kyriale (2) laetare (1) lagu pembuka (1) lamentasi (1) lectionarium (1) lektor (2) litani para kudus (1) liturgi ekaristi (2) liturgi perkawinan (1) liturgi sabda (8) makna liturgi (1) malam natal (1) malam paskah (1) mazmur tanggapan (1) mimbar (1) minggu palma (1) misa anak (1) misdinar (1) missale romanum (2) musik liturgi (6) natal (1) orang kudus (1) ordinarium (2) organ (1) organis (1) paduan suara (3) pakaian misa (1) pantang (1) panti imam (6) partisipasi aktif (1) paskah (1) passio (1) pedupaan (1) pekan suci (3) pelayan sakramen (1) penghormatan salib (1) penyembahan (1) perarakan persembahan (1) perecikan air suci (1) perkawinan (1) perkawinan campur (1) perlengkapan (5) persiapan persembahan (2) pesta (1) petugas liturgi (6) prapaskah (5) prodiakon (3) proprium (2) prostratio (1) puasa (1) putra altar (1) ratapan (1) ritus pembuka (3) rubrik (1) saat hening (1) sakramen (2) sakramen minyak suci (1) sakramen orang sakit (1) sakramentali (1) salam (2) salam damai (1) salib (2) sanctus (1) sekuensia (1) selebran (1) tabernakel (1) tanda salib (1) tarian (1) tata gerak (7) teknologi (1) teks misa (1) terjemahan (6) tiarap (1) TPE 2005 (5) tridentine (2) trihari suci (1) turibulum (1) ujud (1) vesper (1)

Minggu, 30 Januari 2011

SABTU VIGILI PASKAH

Pertanyaan :

Romo, saya mau tanya neh. Untuk malam paskah,pada bacaan ke 3 tentang Umat Israel yang dibawa keluar dari Mesir itu, sebenarnya pada akhir bacaan ada kata2 "demikianlah sabda Tuhan " atau tidak? Dan Mazmur yang dipakai apakah benar kalau yang " Bersyukurlah kepada Tuhan..karna kekal kasih Allah..." ? Karena di paroki s...aya sekarang (saya dulu tidak di paroki ini), mazmur ini belum pernah dinyanyikan dengan alasan umat tidak bisa...lagunya panjang, lalu diganti dengan mazmur dari bacaan ke 2. Bolehkah seperti itu? Terima kasih



PENCERAHAN DARI PASTOR BERNARD RAHAWARIN PR:

Untuk pertanyaan 1: Dalam Liturgi Sabda (termasuk pd liturgi Malam Paskah), isi Kitab Suci yg dibacakan kita imani sebagai Sabda Allah. Iman ini terekspresi secara ritual dalam seruan Demikianlah Sabda Tuhan. Demikianlah dalam Buku Missale atau Buku Bacaan Misa, tertera di bawah perikop bacaan seruan Demikianlah Sabda Tuhan. Dalam buku Madah Bakti Koor, pd bagian Liturgi Malam Paskah, telah dikemukakan juga lagu dan beberapa hal sehubungan dengan bacaan ketiga ini (bisa dicek sendiri sbb saya sendiri tidak ingat baik). Jangan lupa pula untuk mengecek langsung ke Buku Mazmur


PENCERAHAN DARI PASTOR YOHANES SAMIRAN SCJ


Juga dari Lectionarium (Buku Bacaan resmi - yang lengkap) akan kita temukan pula bahwa setelah masing-masing Bacaan ada Mazmur yang mengikutinya. Mzm ini telah dipilih dengan baik secara liturgis. Maka sebaiknya Mzm menyesuaikan dengan Bacaan sebelumnya.
Maka kita bisa melihat Buku Mazmur Tanggapan berpedoman pada Lectionarium itu.

NB. Jangan lupa Mazmur adalah nas Kitabsuci, maka sebaiknya tidak diganti dengan sembarang nyanyian.

Pertanyaan umat :

Selamat pagi... Maaf, saya mau tanya lagi. Pada bacaan pertama malam paskah tentang kisah penciptaan, jika selama bacaan sudah diselingi dengan mzm "Maka jadilah petang dan pagi..", apakah sesudah bacaan masih perlu dinyanyikan mzm lagi seperti "Utuslah Roh Mu Ya Tuhan" (krn di gereja saya ada pembabtisan).
Yang kedua, ...sekwensia itu dinyanyikan HANYA oleh pemazmur atau bersama umat?
Terima kasih.


PENCERAHAN DARI BP. DANIEL PANE :


1. Lagu "maka jadilah petang dan pagi" yang digunakan dalam bacaan pertama Malam Paskah adalah kreasi Gereja lokal di Indonesia, aslinya bacaan berlangsung seperti biasa tanpa ada selingan "maka jadilah petang dan pagi hari ...". Jadi penambahan selingan itu TIDAK menggantikan Mazmur tanggapan (yang tetap harus ada setiap selesai bacaan).

2. Di bawah pernah ada topik mengenai sekuensia. Jika ada Diakon maka sebaiknya sekuensia dinyanyikan oleh Diakon (mungkin bergantian dengan umat). Jika Diakon tidak ada bisa dinyanyikan bergantian oleh koor dan umat.

INFORMASI :

Untuk lebih tahu makna vigili paskah dan perbedaan dengan minggu paskah,mungkin bisa liat di :

http://m.facebook.com/notes/gereja-katolik/makna-perayaan-malam-paskah-apakah-kita-merayakan-kebangkitan-tuhan-kita-yesus-k/385469242439?r35709002&refid=40

Tidak ada komentar:

Posting Komentar