PENCERAHAN DARI BP. VINCENT PAMUNGKAS :
Dupa dipakai gereja sejak jaman yahudi dan pararasul, banyak referensi di Mazmur dan kitab2 PL juga Wahyu. Asap yang dihasilkan menjadi lambang penyucian/pengkudusan, dan juga melambangkan doa2 kita yang naik ke surga. Di dalam misa dupa bisa dipakai waktu perarakan masuk, bacaan Injil, atau untuk menyucikan persembahan/pastor/umat, atau untuk menghormati altar, salib, hosti setelah konsekrasi. Penggunaan dupa tidak diwajibkan, tapi boleh dipakai untuk membuat suasana misa lebih sakral.
PENCERAHAN DARI BP. DANIEL PANE
Dupa menandakan kemeriahan. Karena hari Minggu adalah hari raya maka idealnya Misa Hari Minggu dirayakan dengan meriah, teks-teks Misa dinyanyikan, prosesi diadakan, dan dupa dipakai (lebih bagus lagi jika ada Diakon yang ikut melayani dan membacakan Injil), dulu Misa semacam ini sering disebut sebagai Misa Agung. Mengadakan Misa semacam ini untuk semua Misa yang diadakan pada hari Minggu (dalam paroki yang merayakan Misa lebih dari satu kali) kenyataannya cukup sulit. Maka biasanya dipilih satu Misa, yang paling banyak dihadiri umat, dan diadakan secara demikian, sementara Misa-misa lainnya cukup dinyanyikan atau sekedar dibacakan, sesuai keadaan.
Tapi biasanya kebiasaan mengadakan Misa Agung semacam ini pada hari Minggu tidak terlalu sering di Indonesia, sepengetahuan saya hanya di beberapa Keuskupan saja, Keuskupan tempat saya tinggal adalah salah satunya yang mengusahakan agar setiap hari Minggu ada satu Misa yang dirayakan secara lebih meriah dengan pendupaan dan prosesi.
Blog ini adalah backup dokumen fanpage facebook SEPUTAR LITURGI DAN PERAYAAN EKARISTI GEREJA KATOLIK INDONESIA. Disediakan fasilitas "tag" untuk memudahkan pencarian topik tertentu
Label
adorasi
(1)
akolit
(1)
altar
(5)
ambo
(2)
anak-anak
(1)
awam
(1)
bahasa latin
(4)
bapa kami
(1)
berlutut
(1)
buku
(6)
busana liturgi
(2)
cuci tangan
(1)
devosi
(3)
diakon
(1)
dialog
(2)
dirigen
(1)
doa damai
(1)
doa syukur agung
(1)
doa umat
(1)
fotografer
(1)
graduale romanum
(1)
gregorian
(2)
hari raya
(1)
hosti
(1)
imam
(1)
intensi misa
(1)
istilah
(1)
jalan salib
(3)
jumat agung
(1)
jumat pertama
(1)
kalender liturgi
(4)
kamis putih
(1)
karismatik
(1)
kesaksian
(1)
kisah sengsara
(1)
kolekte
(2)
komuni
(3)
komuni dua rupa
(2)
koor
(1)
kyriale
(2)
laetare
(1)
lagu pembuka
(1)
lamentasi
(1)
lectionarium
(1)
lektor
(2)
litani para kudus
(1)
liturgi ekaristi
(2)
liturgi perkawinan
(1)
liturgi sabda
(8)
makna liturgi
(1)
malam natal
(1)
malam paskah
(1)
mazmur tanggapan
(1)
mimbar
(1)
minggu palma
(1)
misa anak
(1)
misdinar
(1)
missale romanum
(2)
musik liturgi
(6)
natal
(1)
orang kudus
(1)
ordinarium
(2)
organ
(1)
organis
(1)
paduan suara
(3)
pakaian misa
(1)
pantang
(1)
panti imam
(6)
partisipasi aktif
(1)
paskah
(1)
passio
(1)
pedupaan
(1)
pekan suci
(3)
pelayan sakramen
(1)
penghormatan salib
(1)
penyembahan
(1)
perarakan persembahan
(1)
perecikan air suci
(1)
perkawinan
(1)
perkawinan campur
(1)
perlengkapan
(5)
persiapan persembahan
(2)
pesta
(1)
petugas liturgi
(6)
prapaskah
(5)
prodiakon
(3)
proprium
(2)
prostratio
(1)
puasa
(1)
putra altar
(1)
ratapan
(1)
ritus pembuka
(3)
rubrik
(1)
saat hening
(1)
sakramen
(2)
sakramen minyak suci
(1)
sakramen orang sakit
(1)
sakramentali
(1)
salam
(2)
salam damai
(1)
salib
(2)
sanctus
(1)
sekuensia
(1)
selebran
(1)
tabernakel
(1)
tanda salib
(1)
tarian
(1)
tata gerak
(7)
teknologi
(1)
teks misa
(1)
terjemahan
(6)
tiarap
(1)
TPE 2005
(5)
tridentine
(2)
trihari suci
(1)
turibulum
(1)
ujud
(1)
vesper
(1)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar